PERATURAN & KODE ETIK

PASAL 1
PENDAHULUAN

 

 

 

Tujuan dibuat Kode Etik dan Peraturan Mitra Usaha / Member dengan maksud untuk :

1.     Menegaskan hubungan antara perusahaan dengan Mitra Usaha / Member.

2.     Keharmonisan, kerukunan diantara Mitra Usaha / Member.

3.     Menjaga dan melindungi kepentingan semua Mitra Usaha / Member.

4.     Memberikan kesempatan usaha yang sama bagi semua Mitra Usaha / Member.

5.     Mengatur standar sopan santun dan tanggung jawab diantara para Mitra Usaha.

6.     Menyatakan hak, tugas, tanggung jawab dan kewajiban para Mitra Usaha / Member  dalam menjalankan tugasnya.

7.     Mengatur dan melindungi kepentingan hukum Mitra Usaha / Member yang berakibat merugikan Mitra Usaha / Member lain dan atau Perusahaan.

 

 

 

PASAL 2
ISTILAH-ISTILAH

 

 

Dalam Kode Etik dan Peraturan Mitra Usaha yang dimaksud dengan :

1.     Perusahaan TMG adalah PT TIRTA MEGAH GAPURA (TMG).

2.     Website Perusahaan adalah www.homemart-tmg.com.

3.     Mitra Usaha / Member adalah Orang / perorangan yang telah mendapat persetujuan dari Perusahaan untuk menjadi anggota dari usaha Perusahaan.

4.     Pengenalan (Sponsor) adalah Mitra Usaha / Member yang memperkenalkan langsung Mitra Usaha / member baru.

5.     Down Line adalah Mitra Usaha / Member yang berada dibawah garis sponsorisasi baik yang disponsori langsung atau tidak langsung oleh Mitra Usaha / Member yang bersangkutan beserta seluruh Mitra Usaha yang berkembang di bawah jaringannya.

6.     Up Line adalah Mitra Usaha / Member yang berada diatas garis sponsorisasi baik yang mensponsori langsung atau tidak langsung dari Mitra Usaha / Member yang bersangkutan.

7.     Marketing Plan adalah Sistem perhitungan Bonus, Bagi hasil dan posisi / status usaha yang akan dicapai Mitra Usaha dalam mengembangkan usahanya.

8.     Produk adalah semua barang dan jasa, yang disediakan atas nama Perusahaan yang diperjual belikan kepada Mitra Usaha / Member..

9.     Jaringan adalah seluruh Mitra Usaha / Member yang berada dalam kelompok Mitra Usaha / Member yang bersangkutan.

10. Kartu anggota adalah tanda pengenal yang diberikan oleh Perusahaan sebagai tanda / bukti dalam berhubungan antara Perusahaan dan Mitra Usaha / Member.

11. Starter kit adalahPanduan yang diberikan Perusahaan kepada Mitra Usaha / Member baru yang berisi antara lain : Business Plan, Kode Etik, Daftar Harga, Brosur Produk dan lainnya.

12. Perwakilan adalah Tempat yang ditunjuk oleh Perusahaan dimana para Mitra Usaha / Member dapat mengurus administrasi kemitrausahaan dan mendapatkan informasi tentang Perusahaan serta pertemuan-pertemuan sesuai dengan ketentuan.

 

 

 

PASAL 3
PERATURAN UMUM

 

 

1.     Seorang Calon Mitra Usaha / Member yang telah mengisi dan menandatangani Formulir permohonan keanggotaan, dengan demikian berarti Calon Mitra Usaha / Member telah sepakat untuk mematuhi ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam Kode etik berikut dengan perubahan-perubahan dari waktu ke waktu oleh Perusahaan.

2.     Setiap Mitra Usaha / Member harus menjaga nama baik Perusahaan dan segenap karyawannya serta tidak mencemarkan dan atau menjelekkan nama baik Perusahaan dan atau Mitra Usaha / Member lainnya.

3.     Jika ada seorang Mitra Usaha / Member yang dirugikan oleh Mitra Usaha / Member lainnya atau jika mengetahui ada Mitra Usaha / Member yang merugikan aktivitas usaha PT TMG, diharapkan agar segera melaporkannya secara tertulis kepada Perusahaan untuk ditindak lanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku.

4.     Mitra Usaha harus memperkenalkan produk-produk PT TMG dan Marketing  Plan kepada calon Mitra Usaha / Member dengan sikap jujur dan mengatakan yang sebenarnya dan menyampaikan berdasarkan apa yang tertulis dalam literatur resmi PT TMG.

5.     Mitra Usaha / Member tidak boleh mempengaruhi atau mengajak Mitra Usaha / Member PT TMG lainnya baik untuk anggota perusahaan lain ataupun memasarkan produk-produk sejenis yang merupakan saingan dari produk PT TMG. Perusahaan berhak mengeluarkan kebijakan-kebijakan baru dan mengeluarkan sanksi kepada Mitra Usaha yang melanggar demi untuk mempertahankan maksud dan tujuan Marketing Plan yang sudah ditetapkan.

 
 
 

PASAL 4
SYARAT MENJADI MITRA USAHA / MEMBER PT TMG

 

 

1.     Kesempatan menjadi Mitra Usaha / Member adalah sama untuk setiap orang dan tidak tergantung pada jenis kelamin, suku bangsa, kewarganegaraan, golongan politik, maupun agama.

2.     Seorang yang ingin menjadi Mitra Usaha / Member PT TMG diwajibkan untuk melengkapi persyaratan sebagai berikut :

a.      Mengisi Formulir Pendaftaran atau melalui www.homemart-tmg.com.

b.     Tidak terbatas dengan usia

c.      Memiliki sponsor Mitra Usaha / Member.

d.     Membayar biaya pendaftaran sesuai ketentuan.

e.      Melampirkan fotocopy KTP atau identitas lain yang masih berlaku.

f.      Memiliki alamat dan nomor rekening Bank yang jelas.

 

 

PASAL 5
PROSEDUR PENDAFTARAN MITRA USAHA

 

 

1.     Setiap pemohon harus mengisi Formulir Pendaftaran Mitra Usaha / Member secara lengkap.

2.     Pemohon wajib beragama Islam untuk pendaftaran Program TTM HAMRO

3.     Pemohon tidak boleh menggunakan pihak ketiga atau fiktif untuk pendaftaran keanggotaannya.

4.     PT TMG berhak menghentikan Keanggotaan Mitra Usaha / Member PT TMG, jika dikemudian hari ditemukan bukti bahwa yang bersangkutan memanipulasi data-data pribadinya.

5.     Setelah Formulir Pendaftaran seorang pemohon disetujui maka Mitra Usaha / Member baru tersebut berhak mendapatkan 1 buah kartu anggota dan Starter Kit.

6.     Masa berlaku keanggotaan sebagai Mitra Usaha / Member adalah tidak terbatas selama Mitra usaha / Member yang bersangkutan tidak melanggar aturan dan kode etik yang telah ditetapkan.

7.     Dengan disetujuinya Formulir pendaftaran dari seorang pemohon, maka secara otomatis Mitra Usaha / Member yang bersangkutan terikat dengan segala peraturan yang terdapat dalam Kode Etik.

 

 

PASAL 6
STATUS MITRA USAHA

 

 

1.     Diberikan pada perorangan yang telah sah menjadi Mitra Usaha / Member Perusahaan dengan cara mengisi Formulir Pendaftaran Mitra Usaha dan menandatanganinya serta menyelesaikan persyaratan administrasi yang telah ditentukan.

2.     Seorang Mitra Usaha / Member adalah pengusaha mandiri bersifat independen dengan memasarkan produk-produk PT TMG melalui jaringan dan bukan pegawai atau staf PT TMG.

3.     Setiap Mitra Usaha / Member tidak mempunyai ikatan jam kerja dengan Perusahaan dan tidak berhak mendapat tunjangan dalam bentuk apapun dari Perusahaan.

 

 

PASAL 7
KEANGGOTAN SUAMI - ISTRI

 

 

1.     Jika Seorang Mitra Usaha / Member ingin menggantikan nama menjadi nama pasangannya maka dapat mengajukan permohonan kepada Perusahaan, menunjukkan surat Nikah, Kartu Keluarga dan KTP yang Asli dan melampirkan fotocopy serta melengkapi persyaratan yang berlaku.

2.     Jika suami-istri terjadi perceraian maka yang berhak atas kemitrausahaan adalah nama yang tercantum dalam Formulir Pendaftaran Mitra Usaha atau sesuai kesepakatan diatas materai dari kedua belah pihak yang bercerai. Segala akibat hukum yang ditimbulkan akibat perceraian itu merupakan tanggung jawab dan kewajiban Mitra Usaha / Member yang bersangkutan.

 

 

PASAL 8
SPONSORISASI

 

 

1.     Penandatanganan Formulir Pendaftaran Mitra Usaha / Member atau melalui www.homemart-tmg.com oleh Mitra Usaha / Member baru dan sponsor menandakan hak sponsorisasi Mitra Usaha baru yaitu : adanya ikatan yang sah pada jalur sponsorisasi antara Sponsor (Orang yang mensponsori) dan Down Line (Orang yang disponsori), penandatangan tersebut betul-betul dilakukan oleh yang bersangkutan secara sah.

2.     Mitra Usaha / Member yang menjadi sponsor bagi Mitra Usaha / Member baru wajib menjelaskan seluruh produk dan Marketing Plan yang berlaku dengan benar serta membantu Mitra Usaha / Member baru tersebut dalam memulai pengembangan bisnisnya. Demikian juga Mitra Usaha / Member baru tersebut berhak memperoleh informasi yang sejelas-jelasnya dari sponsornya.

3.     Sponsor harus bertindak sewajarnya tidak dibenarkan memberi janji-janji yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan tidak sesuai dengan yang ditetapkan oleh Perusahaan yang berakibat merugikan pihak Perusahaan dan atau Mitra Usaha / Member yang disponsorinya.

4.     Sponsor harus menjalin hubungan kerja sama usaha yang saling menguntungkan, harmonis serta mempertegas bahwa keberhasilan dalam bisnis tidak terlepas dari usaha dan kerja keras yang sungguh-sungguh.

5.     Sponsor tidak dibenarkan melakukan kegiatan atau usaha yang tidak etis yang dapat mengakibatkan kerugian jalur organisasi pensponsoran yang telah terbentuk dalam jaringan bisnis PT TMG.

6.     Perubahan sponsor sama sekali tidak dibenarkan dan Perusahaan tidak melayani permintaan perubahan pesponsoran.

7.     Jika seorang Mitra Usaha disponsori oleh dua orang yang berbeda dan sponsor yang kedua terjadi ketika Mitra Usaha tersebut masih aktif, maka yang dianggap sah adalah sponsor yang pertama.

8.     Jika seorang sponsor telah dicabut kemitrausahaannya karena telah mengundurkan diri atau melakukan pelanggaran Kode Etik dan peraturan Mitra Usaha maka jalur sponsor di bawahnya akan di ambil alih oleh perusahaan.

9.     Seorang sponsor tidak dibenarkan merubah dengan cara menambah atau mengurangi persentase bonus yang telah ditetapkan bagi keuntungan atau hak Mitra Usaha / Member di dalam jaringannya.

10. Jika terjadi pelanggaran hak-hak pesponsoran maka Perusahaan dapat menerima laporan dari para Mitra Usaha/Sponsor lainnya untuk diambil tindakan, sesuai dengan ketentuan mengenai sanksi yang diatur dalam Kode Etik dan peraturan Mitra Usaha / Member.

 

 

 

PASAL 9
PENGHIBAHAN DAN PENJUALAN KEANGGOTAAN

 

 

1.     Keanggotaan seorang Mitra Usaha / Member dikarenakan kondisi yang terpaksa tidak dapat melanjutkan usahanya dapat menghibahkan atau menjual kepada pihak lain dengan mengajukan permohonan kepada Perusahaan. Adapun syarat untuk dapat menghibahkan / menjual tersebut antara lain :

a.      Keanggotaan Mitra Usaha / Member tersebut tidak melanggar Kode Etik dan peraturan Mitra Usaha

b.     Pengalihan kemitrausahaan tersebut harus mendapat persetujuan dari sponsor langsung.

c.      Mengajukan secara tertulis dengan mengisi Formulir penghibahan/penjualan yang disediakan Perusahaan. Melampirkan fotocopy KTP yang berlaku semua pihak dan pernyataan diatas materai. Penerima atau penolakan penghibahan/penjualan adalah hak mutlak Perusahaan tanpa harus memberikan alasan-alasan atas persetujuan / penolakan tersebut.

2.  Membayar biaya administrasi sebesar Rp.300.000,- kepada perusahaan
3.  Penghibahan / penjualan keanggotaan tidak dianjurkan oleh Perusahaan.

 

 

PASAL 10
PEWARISAN KEANGGOTAAN

 

1.     Apabila seorang Mitra Usaha / Member meninggal dunia maka hak kemitrausahaan dan hak-hak lain yang timbul karena keanggotaannya akan dialihkan kepada ahli waris.

2.     Ahli waris dalam nama yang tercantum dalam Formulir Pendaftaran Mitra Usaha / Member  atau ahli waris yang ditunjuk sebelumnya melalui surat pernyataan di atas materai oleh Mitra Usaha / Member yang bersangkutan sebelum meninggal dunia.

3.     Apabila ahli waris yang berhak menerima warisan belum berusia 17 tahun, maka dapat diwakilkan ke wali, ahli waris yang menunjukkan perwalian berdasarkan penetapan atau putusan pengadilan sampai yang bersangkutan mencapai umur 17 tahun.

4.     Dalam hal Ahli Waris yang ditunjuk bila sudah meninggal dunia maka perusahaan akan menunjuk ahli waris yang terdekat sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia atau berdasarkan hasil musywarah para ahli waris yang ada.

 

PASAL 11
PEMBAYARAN BONUS

 

1.     Pentransferan Bonus Sponsoring akan dilaksanakan oleh perusahaan sesuai hari dan jam kerja kepada rekening masing-masing Mitra Usaha / Member dalam waktu 1 X 24 jam setelah input permohonan pendaftaran mitra usaha / member baru selesai dilaksanakan.

2.     Pentransferan Bonus leveling dan Royalty sponsoring pada minggu berjalan akan diproses selambat-lambatnya pada hari kamis minggu berikutnya. dan Apabila ada biaya-biaya transfer (pengiriman) yang dibebankan oleh Bank maka biaya-biaya tersebut akan dipotong langsung dari jumlah bonus yang transferkan.

3.     Besarnya bonus yang diterima Mitra Usaha / Member sesuai dengan perhitungan Marketing Plan dari perkembangan jaringan di minggu berjalan.

4.     Keterlambatan transfer akibat kelalaian dari Bank adalah di luar tanggung jawab Perusahaan.

5.     Perubahan data rekening atau tempat penerimaan bonus harus diberitahukan secara tertulis di atas materai dan melampirkan fotocopy KTP.

6.     Pengambilan bonus secara langsung / tunai kepada Perusahaan tidak bisa diwakilkan kecuali ada surat kuasa dari Mitra Usaha yang bersangkutan.

 
 
PASAL 12
LARANGAN MITRA USAHA
 
 

1.     Mitra Usaha / Member tidak dibenarkan memberikan penjelasan yang salah mengenai Marketing Plan dan produk yang dipasarkan perusahaan.

2.     Setiap Mitra Usaha / Member tidak diperbolehkan mensponsori orang yang sudah terdaftar sebagai Mitra Usaha / Member PT TMG kecuali Mitra Usaha / Member tersebut sudah tidak aktif dalam waktu 6 bulan berturut-turut.

3.     Setiap Mitra Usaha / Member tidak dibenarkan merekrut / mengajak Mitra Usaha PT TMG untuk menjalankan bisnis Perusahaan lain yang sejenis yang dapat merugikan Mitra Usaha / Member lainnya.

4.     Mitra Usaha / Member tidak dibenarkan memaksa orang untuk ikut bergabung dalam kemitrausahaan Perusahaan.

5.     Mitra Usaha / Member tidak dibenarkan untuk menjalankan usaha pada Perusahaan lain yang sama-sama menjalankan usaha yang sama dengan PT TMG.

6.     Mitra Usaha tidak dibenarkan menyalahgunakan merek dan logo Perusahaan dengan mencantumkan barang cetakan dalam sebuah iklan tanpa persetujuan tertulis dari Perusahaan.

 

 

PASAL 13
SANKSI - SANKSI

  

1.     Sanksi - sanksi adalah upaya terakhir yang diambil Perusahaan dan menjadi hak otoritas Perusahaan dalam memberikan tindakan sebagai konsekuensi logis dan segala bentuk pelanggaran terhadap Kode Etik dan Peraturan Mitra Usaha / Member yang dilakukan Mitra Usaha / Member.

2.     Apabila ada seorang Mitra Usaha / Member terbukti melakukan pelanggaran Kode Etik dan Peraturan Mitra Usaha / Member yang telah ditetapkan, maka Perusahaan berhak memberikan sanksi berupa :

a.      Teguran secara lisan.

b.     Peringatan secara tertulis.

c.      Larangan menghadiri segala aktivitas Perusahaan.

d.     Penghentian pembayaran bonus.

e.      Pencabutan keanggotaan.

Dalam hal sanksi pemberhentian sementara atau pencabutan kemitrausahaan dapat dilakukan Perusahaan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu apabila seorang Mitra Usaha / Member terbukti melakukan hal-hal sebagai berikut :

-      Melanggar Kode Etik dan Peraturan Mitra Usaha / Member yang menimbulkan kerugian Mitra Usaha / Member lain atau Perusahaan.


-     Mencemarkan nama baik Perusahaan termasuk karyawan, manajemen dan Mitra Usaha / Member lain serta menjelek-jelekan produk dan alat-alat yang dibuat Perusahaan.

 

 

PASAL 14
PENYELESAIAN PERSELISIHAN

 

1.     Apabila terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat antara Mitra Usaha / Member dan Perusahaan maka diupayakan dapat diselesaikan dengan jalan musyawarah dan kekeluargaan untuk mencapai mufakat.

2.     Apabila upaya penyelesaian tersebut di atas tidak membuahkan hasil, maka Perusahaan dan Mitra Usaha sepakat untuk menempuh jalur hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

 

 

PASAL 15
PENUTUP

 

1.     Seluruh Mitra Usaha / Member wajib mematuhi Kode Etik dan Peraturan Mitra Usaha ini. Setiap perubahan atau penyempurnaan dari waktu ke waktu oleh Perusahaan akan diberitahukan secara tertulis atau melalui www.homemart-tmg.com kepada Mitra Usaha / Member.

2.     Kode Etik dan Peraturan Mitra Usaha / Member ini hanya berlaku di negara Republik Indonesia dan mulai efektif berlaku sejak tanggal ditetapkan ( 02 Mei 2012) sampai ada perubahan atau pembaruan lebih lanjut.

3.     Perusahaan mempunyai hak mutlak untuk mengubah atau memperbaharui Kode Etik ini apabila dianggap perlu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Mitra Usaha / Member.

4.     Hal-hal yang belum tercakup dalam Kode Etik dan Peraturan Mitra Usaha / Member ini, akan diatur dan ditetapkan kemudian.

 

 

 

 

TEGAL 02 MEI 2012

 

 

TTD MANAJEMEN PT TIRTA MEGAH GAPURA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Testimonial
WAHYU HIDAYAT

Pada saat inilah manusia butuh JARINGAN. Jaringan yang bisa untuk mengembangkan kebaikannya. Jaringan yang bisa melipatgandakan Selengkapnya

ADHI ARIYANTO

السَّلامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكَاتُهْ. اَلْحَمْدُلِلّهِ رَبّ الْعَالَمِيْنَ ALLAH SWT telah memberi petunjuk lewat PT Selengkapnya

JAZULI

alhamdullilah saya di perkenalkan program ttm hamro oleh teman saya dan kalo program ini mau di Selengkapnya

ALI SODIKIN, SH

NGAJAK ORNG BERIBADH LEWAT TTM HAMROH DPAT GANJARAN DN DPT BAYARAN HINGGA PERKEMBANGAN EKONOMI MAKIN BAROKAH Selengkapnya

ZAENAL ASIKIN 1

mewujudkan niat haji dan umroh lewat ttm hamroh semakin menambah ilmu memperbanyak silaturahmi dan memperingan biayah Selengkapnya

GUNTUR SUPRIYADI

Impikan apa yang anda Yakini , Lakukan apa yang anda Bisa , Ucapkan apa yang telah Selengkapnya

SRI HIDAYATI

saya seorg ibu rumh tangga, alamatku ds,kebasen-talang-tegal. sy diperkenalkan prog TTM HAMRO olh bpk zaenal. dan Selengkapnya

MULYADI KENDAL

Alhamdullillah ,... TTM HAMRO dari PT TMG di perkenalkan terhadap saya ,... Ya Allah berikan Rindhomu Selengkapnya

Member Terbaru
  • DANISIH

    Kabupaten Pemalang

  • WARNITI BT DAIB

    Kabupaten Pemalang

  • RATINI BT SARDAN

    Kabupaten Pemalang

  • MAHRUDIN

    Kabupaten Tegal

  • KOMISAH

    Kabupaten Tegal

  • CASMU

    Kabupaten Pemalang

  • SU AD

    Kabupaten Pemalang

  • UMI KULSUM

    Kabupaten Batang

  • KRIS YULIANA

    Kabupaten Batang

  • WASMI

    Kabupaten Pemalang

Top Income Bulanan
  • TUNUT

    Kabupaten Pemalang

  • MUKHAMAD JAHRI

    Kabupaten Pekalongan

  • UMAR ABDUL SYUKUR

    Kabupaten Batang

  • WULANDARI ABDULLAH

    Kota Jakarta Barat

  • MULYAWAN AJI

    Kabupaten Tegal

  • MULYAWAN AJI

    Kabupaten Tegal

  • JAZULI

    Kabupaten Pekalongan

  • MULYADI KENDAL

    Kabupaten Kendal

  • MULYAWAN AJI

    Kabupaten Tegal

  • homemart

Top Sponsor
    • H SAPTO HARJONO 1

      Kabupaten Sragen

    • AHMAD RODHI (KAMDIYAH) 1

      Kabupaten Kendal

    • MUKHAMAD JAHRI

      Kabupaten Pekalongan

    • WULANDARI ABDULLAH

      Kota Jakarta Barat

    • UMAR ABDUL SYUKUR

      Kabupaten Batang

    • TUNUT

      Kabupaten Pemalang

    • H. ANSORI

      Kabupaten Batang

    • ZAENAL ARIFIN (Masriyah)

      Kabupaten Tegal

    • NUR HASYIM

      Kabupaten Kebumen

    • AHMAD NURHIDAYAT SE, MH

      Kabupaten Demak